5 Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Aman

Wajah adalah cerminan diri karena dari wajah terepresentasi gaya hidup seseorang. Apakah orang tersebut hidup dengan rapi, pandai menjaga diri, dan memiliki pola hidup yang sehat.

5 Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Aman

Namun aktivitas seperti harus belajar atau mengerjakan pekerjaan kantor hingga larut malam, maupun kebutuhan beraktivitas di bawah terik matahari dapat menyebabkan wajah gelap dan kusam. Wajah gelap dan kusam dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri terutama ketika bertemu dengan orang lain.

Untuk mencerahkan serta memutihkan wajah, berbagai cara akan dilakukan terutama oleh kaum wanita. Namun cara-cara yang digunakan acapkali nyeleneh alias hanya berupa takhayul, atau merupakan cara yang berbahaya yang justru merusak kesehatan wajah.

Beberapa masalah pada wajah yang timbul dari cara memutihkan wajah yang salah dan tidak aman diantaranya adalah :

  • Munculnya iritasi, dan gatal pada kulit
  • Munculnya jerawat, komedo, dan flek hitam pada wajah
  • Wajah yang menghitam dan kusam ketika cara tersebut dihentikan
  • Resiko kanker kulit

Tentunya tidak ada yang menginginkan mengalami masalah kulit seperti yang disebut di atas. Namun tetap saja ada yang nekat memutihkan wajah dengan cara-cara berbahaya seperti penggunaan suntik hormon penghambat sel pigmen, operasi plastik, penggunaan pemutih wajah instant yang mengandung merkuri dan sejenisnya, maupun mengkonsumsi terus menerus obat yang diklaim mampu memutihkan kulit.

Sebenarnya ada cara-cara alami memutihkan wajah dengan cepat dan aman. Bahkan cara-cara tersebut sudah dipraktekkan orang-orang di zaman dahulu dan menyebar tidak hanya ke penjuru nusantara, namun juga ke negara-negara lainnya seperti China, Korea, Eropa, bahkan benua Amerika.

1. Rajin Mencuci Muka

Air mampu menyegarkan wajah dan mengangkat kotoran dan sel kulit mati penyebab wajah kusam. Mencuci wajah akan membantu mencerahkan wajah sehingga tampak lebih putih bercahaya.

Selain itu, mencuci muka membantu otot wajah menjadi lebih rileks sehingga lebih sedap dipandang oleh orang lain. Namun perlu diperhatikan untuk tidak mencuci wajah terlalu sering dan menggosoknya terlalu keras karena wajah sangat sensitif sehingga mudah mengalami lecet ataupun luka.

2. Gunakan Air Cucian Beras untuk Mencuci Muka

Air cucian beras dapat menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini, keriput, flek hitam, dan membantu memutihkan wajah.

Namun perlu diingat juga, air cucian beras umumnya bersifat kasar karena mengandung serbuk-serbuk kasar berukuran kecil. Oleh sebab itu, mencuci wajah dengan air cucian beras harus lebih lembut daripada ketika mencuci wajah menggunakan air biasa.

3. Hindari Kebiasaan-kebiasaan yang Berakibat Buruk pada Wajah

Beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan diantaranya adalah:

  • tidak menggunakan tabir surya ketika berjalan di bawah terik matahari
  • begadang
  • stress dalam belajar, pekerjaan, percintaan, maupun karena masalah keluarga
  • merokok, minum minuman keras, dan menggunakan obat-obatan
  • mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak, kolestrol, dan gula

4. Konsumsi Makanan dan Minuman Bergizi

Makanan dan minuman bergizi akan menyehatkan tidak hanya badan namun juga kulit dan wajah. Badan yang sehat akan membuat kulit wajah yang lebih cerah sehingga tampak lebih putih. Selain itu, tubuh yang sehat membantu daya tahan tubuh dari radiasi matahari sehingga produksi sel pigmen dapat ditekan dengan aman dan alami.

5. Menggunakan Masker Wajah sebelum Tidur

Masker wajah adalah cara alami terbaik dan teraman dalam memutihkan kulit. Banyak masker wajah tersedia dan menjadi pilihan yang aman, murah, dan mudah didapatkan. Masker wajah tersebut dapat berupa masker maupun cream wajah yang terbuat dari bahan-bahan utama berupa tanaman dan herbal seperti masker susu, madu, apel, timun, temulawak, bengkoang, dan yoghurt.

Untuk masker temulawak sendiri, bagi yang repot dalam mengubahnya menjadi masker wajah, dapat membelinya dalam bentuk cream wajah yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan efek panas, perih, dan gatal namun tanpa menghilangkan khasiatnya.