4 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Jerawat dan komedo adalah masalah pada wajah yang biasa dialami oleh pria dan wanita, baik tua maupun muda. Penyebabnya pun bermacam-macam sehingga penanganannya pun berbeda-beda. Kesalahan penanganan jerawat dan komedo dapat menyebabkan masalah wajah yang lebih besar dan sulit disembuhkan.

4 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Jerawat dan komedo umumnya disebabkan oleh faktor-faktor seperti :

  • Makanan yang dikonsumsi
    Makanan berminyak dan mengandung banyak kolestrok sangat tidak baik untuk wajah karena dapat meningkatkan produksi minyak di wajah sehingga memicu munculnya jerawat dan komedo
  • Polusi udara
    Asap kendaraan bermotor dan asap rokok menjadi penyebab jerawat dan komedo. Selain jerawat dan komedo, asap knalpot dan rokok juga menjadi sumber munculnya flek hitam dan penuaan dini.
  • Kotoran dan bakteri
    Seringnya memegang wajah ketika tangan sedang kotor dapat menjadi penyebab jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, sangat penting untuk rutin mencuci tangan, dan mencuci wajah.
  • Faktor keturunan
    Beberapa orang terlahir dengan produksi hormon berlebih. Hormon ini meningkatkan produksi minyak pada wajah sehingga jerawat dan komedo akan sering muncul jika terpicu oleh faktor-faktor seperti jatuh cinta, marah, stress dan begadang.
  • Penggunaan kosmetik wajah yang tidak aman
    Penggunaan kosmetik wajah harus diperhatikan, Kosmetik yang tidak cocok akan menyebabkan penolakan oleh tubuh dalam rupa iritasi, gatal, jerawat, komedo, dan bahkan kanker kulit.

Oleh sebab itu penggunaan masker wajah alami sangat diperlukan. Selain aman, masker wajah alami juga murah, mudah didapatkan, relatif aman, dan efek yang dihasilkan relatif cepat dan efektif.

Beberapa masker alami yang aman dan ampuh untuk menghilangkan jerawat dan komedo di antaranya adalah :

1. Masker timun

Timun memiliki efek dingin bagi kulit wajah yang dapat membantu mencerahkan wajah. Selain itu, timun memiliki zat yang membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih adalah sel tubuh yang bertanggung jawab dalam mempertahankan tubuh dari bakteri pengganggu seperti flu, dan terutama bakter penyebab jerawat.

Selain itu, timun diketahui dapat mencegah terjadinya resiko kanker, sehingga sangat baik digunakan sebagai masker ketika anda banyak menggunakan produk kecantikan seperti lipstik, bedak, mousterizer, dan kosmetik kimiawi lainnya.

2. Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung asam yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat dan komedo. Penggunaan masker jeruk nipis akan menyebabkan sedikit rasa perih pada wajah yang menandakan reaksi asam sedang bekerja membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat.

3. Masker Apel

Seperti timun, apel mengandung sensasi dingin yang dapat membantu kesegaran kulit. Selain itu apel juga mengandung zat anti oksidan yang dapat menangkal dan mengangkat polusi, flek hitam serta penyebab jerawat dan komedo lainnya.

4. Masker Cream Temulawak

Astiri pada temulawakk memiliki banyak sekali manfaat seperti mencegah penuaan dini, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan membantu proses penyembuhan dari jerawat dan komedo. Minyak astiri pada cream temulawak bersifat menyerap minyak penyebab wajah kusam yang menjadi cikal bakal terjadinya jerawat dan komedo.

Namun perlu diingat, penggunaan masker temulawak harus disertai pengetahuan dalam membedakan cream temulawak asli dengan yang palsu. Ini disebabkan banyak sekali masker temulawak palsu yang beredar di toko-toko obat. Untuk menghindari hal tersebut, beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya adalah :

  • Membuat sendiri cream temulawak
  • Membeli cream temulawak di toko-toko obat terpercaya
  • Mencari tahu perbedaan fisik pada kemasan cream temulawak asli dengan yang palsu
  • Tidak tergoda pada tawaran produk yang menawarkan harga murah.