4 Cara Memutihkan Wajah secara Alami dengan Bahan Tradisional

Kulit dan wajah yang putih dan cerah masih menjadi tolak ukur dan standart kecantikan wanita asia, tidak terkecuali bagi wanita Indonesia. Wajah yang putih berseri masih dianggap sebagai bukti seseorang mampu merawat dirinya sendiri dengan baik.

4 Cara Memutihkan Wajah secara Alami dengan Bahan Tradisional

Sayangnya tidak semua wanita asia memiliki kulit yang putih, cerah, dan berseri yang disebabkan faktor-faktor seperti:

  • Faktor genetik / keturunan dengan kulit kecoklatan
  • Paparan sinar matahari
  • Asupan makanan yang kurang bergizi

Banyak cara dilakukan para wanita agar kulit wajah mereka tampak putih baik dengan cara instan maupun non-instan, cara yang aman maupun cara yang berbahaya.

Cara memutihkan wajah yang instant di antaranya adalah dengan menggunakan foundation dan bedak yang cukup tebal, menggunakan cream pemutih wajah, maupun operasi plastik. Cara ini walaupun dapat memutihkan wajah dalam sekejap, namun berbahaya bagi kesehatan kulit dan wajah.

Lantas bagaimana cara yang aman dalam memutihkan wajah?
Jawabannya sangat sederhana, gunakan cara tradisional yang aman dan menggunakan bahan alami.

Ada banyak sekali cara-cara tradisional yang secara medis memang terbukti ampuh memutihkan wajah hanya dalam beberapa bulan atau beberapa minggu. Selain aman, cara-cara ini pun murah dan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Apa saja cara-cara tradisional tersebut?

  1. Mencuci wajah dengan air cucian beras
    Air hasil cucian beras mengandung asam ferulic dan allantoin yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit seperti:- mencegah kerusakan dini pada kulit
    - menghaluskan dan mencerahkan kulit
    - memberikan nutrisi yang berguna bagi kesehatan kulit wajahWalaupun air hasil cucian beras tidak mengurangi jumlah pigmen, namun air beras dapat membuat wajah lebih sehat dan nampak lebih berseri.
  2. Menggunakan masker yang terbuat dari buah-buahan alami
    Seluruh buah-buahan memiliki manfaat yang sangat baik bagi manusia jika diolah dengan benar.Dan ternyata banyak sekali buah dan tamanam yang sangat bermanfaat sebagai masker wajah kerena mengandung nutrisi yang sangat baik seperti :- Alpukat
    - Jeruk dan Lemon
    - Pepaya
    - Bengkoang
    - Tomat
    - Mentimun
    - Lidah buaya
    - dan buah-buahan lainnya

    Cara atau pemanfaatannya pun cukup sederhana :

    *) alpukat, lemon, ataupun buah-buahan lainnya cukup diblender atau dipotong sesuai ukuran yang anda mau.
    *) Hasil blender atau hasil potongan dapat dioleskan pada wajah selama semalam.
    *) Bilas hingga bersih pada pagi harinya
    *) Dengan pemakaian secara teratur, hasil penggunaan masker wajah alami ini dapat dirasakan dalam tempo 1 minggu hingga 1 bulan.

  3. Mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat
    Walaupun memiliki wajah yang putih tetapi wajah yang tampak kusam dan tidak sehat akan kalah oleh wajah yang meski tidak putih namun nampak sehat, cerah, dan berseri.Oleh sebab itu, seseorang yang hendak memiliki wajah yang putih dan sehat harus sangat memperhatikan apa yang dimakan. Beberapa makanan sehat yang selain membantu memutihkan wajah, namun juga menyehatkan, mencerahkan, dan membuat wajah nampak berseri adalah :

- Yogurt
Mengkonsumsi yogurt sebagai makanan maupun sebagai masker wajah telah terbukti memutihkan dan mencerahkan wajah dengan aman. Namun seseorang harus tetap hati-hati dalam mengkonsumsi yogurt. Ini karena tidak semua orang memiliki lambung yang dapat mentoleransi asam dari Yogurt.

- Madu
Seperti halnya yogurt, madu juga tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai makanan sehat yang membantu memutihkan dan mencerahkan kulit namun juga digunakan sebagai masker wajah. Namun mengkonsumsi madu sebaiknya memperhatikan beberapa hal seperti keaslian madu, bahan tambahan pada madu, serta sensitifitas wajah anda pada masker madu.

- Susu
Susu mengandung banyak sekali protein dan nutrisi yang berguna bagi tubuh karena membantu mengganti kulit-kulit rusak dan kusam. Selain itu, masker susu juga ampuh membantu mengurangi antioksidan penyebab kulit hitam di wajah.

- Sayur dan Buah-buahan
Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, terutama vitamin D, E, dan K yang berguna untuk kesehatan kulit wajah agar tampak putih dan cerah alami. Oleh sebab itu, mengkonsumsi buah dan sayur-sayur an setiap hari sangatlah penting.

  1. Hindari kegiatan yang dapat merusak kesehatan wajah
    Ada banyak sekali kegiatan yang dapat merusak wajah namun seringkali (terpaksa dan disadari, atau pun tidak) dilakukan oleh banyak orang. Contohnya adalah:- Begadang
    Begadang dan kurang istirahat menyebabkan kesehatan badan dan termasuk kondisi kulit menurun. Ciri-cirinya adalah kulit wajah yang lebih berkerut, kusam, dan tampak lebih gelap.Oleh sebab itu, untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan berseri dibutuhkan istirahat yang cukup. Definisi cukup adalah benar-benar cukup dan tidak berlebihan. Tidur yang berlebihan pun ternyata dapat merusak kesehatan kulit wajah.

    - Jarang meminum air putih
    Air putih sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Namun masih banyak yang malas meminum air putih dalam jumlah yang mencukupi. Padahal air putih memiliki kemampuan untuk seperti mempercepat proses metabolisme kulit, mengeluarkan racun atau oksidan dari kulit, dan membantu tubuh dan wajah untuk tetap sehat dan prima.

    - Malas berolahraga
    Olahraga dapat membantu tubuh untuk bugar sehingga tetap sehat. Tubuh yang sehat akan mempengaruhi kesehatan wajah dan kekencangan kulit wajah.

    - Keluar Rumah tanpa Tabir Surya
    Semua usaha memutihkan wajah akan sia-sia jika anda sering terpapar sinar matahari. Sinar matahari akan merangsang pembentukan pigmen yang menyebabkan kulit menghitam.

    Solusinya adalah menggunakan tabir surya. Namun penggunaan tabir surya perlu diperhatikan secara seksama karena banyak sekali tabir surya yang berbahaya bagi kesehatan sebab mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker.

    Cream temulawak adalah pengganti tabir surya yang baik untuk memutihkan kulit sekaligus mencegah paparan berlebihan sinar matahari. Cream temulawak berfungsi two-in-one mencegah sinar UV dan membantu mencerahkan sekaligus memutihkan kulit dengan bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping seperti kanker dan alergi.

Itulah beberapa cara-cara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk memutihkan dan mencerahkan wajah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.